Senin, 06 Februari 2012

JAWABAN SOAL ULANGAN MANDIRI 1 KELAS X

Jawaban soal Ulangan Mandiri 1 Kelas X
1. Program apa yang harus ada dalam tiap komputer ? Jelaskan !

Jawab : Program yang harus ada pada tiap computer adalah SISTEM OPERASI.

Sistem operasi atau dalam bahasa inggris: operating system atau OS adalah perangkat lunak sistem yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras serta operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan software aplikasi seperti program-program pengolah kata dan browser web.

2. 2. Jelaskan BIOS dan fungsinya !

Jawab : BIOS kepanjangan dari BASIC INPUT OUTPUT SYSTEM merupakan instruksi perangkat elektronik yang digunakan komputer untuk memulai sistem beroperasi. BIOS terletak pada chip di dalam komputer dan dirancang secara khusus untuk melakukan operasi awal sebuah komputer.

Fungsi utama BIOS adalah memberikan instruksi untuk Power-on self test (POST). Tes untuk memastikan bahwa komputer memiliki semua bagian yang diperlukan dan fungsi yang dibutuhkan untuk mulai beroperasi adalah baik, seperti penggunaan memori, keyboard dan bagian lainnya

3. 3. Jelaskan Fungsi Sistem Operasi !

Jawab : Fungsi-fungsi dari OS meliputi:

Resource Manager, Fungsi ini untuk mengalokasikan sumber daya , seperti : memori, CPU, Printer, Disk Drive dan perangkat lainnya.

Interface, Fungsi ini adalah sebagai perantara antara pengguna dengan hardware untuk menyediakan lingkungan yang bersahabat ( user friendly).

Coordinator, Fungsi ini untuk menyediakan fasilitas sehingga aktifitas yang kompleks dapat diatur untuk dikerjakan dalam urutan yang telah disusun sebelumnya.

Guardian, Fungsi ini untuk menyediakan kontrol akses yang melindungi file dan memberi pengawasan pada pembacaan/penulisan/eksekusi data dan program.

GateKeeper, Fungsi ini adalah untuk mengendalikan siapa saja yang berhak masuk (Log) ke dalam sistem dan mengawasi tindakan apa saja yang dapat mereka kerjakan ketika telah log dalam sistem

Optimizer, Fungsi ini adalah untuk menjadwal pemasukan ( Input ) oleh pengguna , pengaksesan basis data, proses komputasi dan pengeluaran ( Output ) untuk meningkatkan kegunaan.

Accountant, Fungsi ini mengatur waktu CPU, penggunaan memori, pemanggilan I/O, disk storage, dan waktu koneksi terminal.

Server, Fungsi ini adalah untuk menyediakan layanan yang sering dibutuhkan pengguna, baik secara eksplisit maupun implisit, seperti mekanisme akses file.

4. 4. Sebutkan Perbedaan BIOS dan Sistem Operasi !

Jawab : Bios dengan SO
n Persamaan: sama-sama mengatur dan mengendalikan perangkat keras.
n Perbedaannya:
• Bios, bekerja pada saat booting
• SO, bekerja setelah proses booting

5. 5. Sebutkan Contoh Sistem Operasi yang ada di pasaran saat ini !

Jawab : Jenis-Jenis SO
n DOS
n Unix
n Windows : 3.0, 95, 98, 2000 Server, me (milenium Edition) ,XP, dll
n Linux: Fedora, Redhat, Suse, Ubuntu, dll
v MAC OS

V Android

Tidak ada komentar:

Posting Komentar