Jumat, 17 Juli 2009

Modul 1 Operasi Dasar Komputer

MODUL 1

OPERASI DASAR KOMPUTER
Penggunaan komputer dalam segala bidang sangat terasa sekali keberadaannya. Hampir seluruh sisi kehidupan dan aktivitas kita banyak berkaitan dengan komputer. Pada semua lapisan masyarakatpun sudah sedikit banyak mengenal penggunaan komputer ini. Walaupun apabila dibandingkan dengan negara-negara lain, Indonesia sampai saat ini masih juga tertinggal.
Dalam sejarahnya komputer telah mengalami banyak sekali evolusi, atau dengan kata lain dari awal diciptakannya komputer hingga saat ini sudah mengalami banyak sekali perkembangan.
Secara istilah, sepertinya komputer akan mempunyai arti yang luas dan berbeda bagi setiap orang. Istilah komputer (computer) diambil dari bahasa Latin computare yang berarti menghitung. atau dalam bahasa Inggris to compute atau to reckon.




Menurut Blissmer (1985), komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas, yaitu menerima input, memproses input sesuai dengan instruksi yang diberikan, menyimpan perintah-perintah dan hasil pengolahannya, serta menyediakan output dalam bentuk informasi.




Sedangkan menurut Sanders (1985), komputer adalah sistem elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan supaya secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya, dan menghasilkan output berdasarkan instruksi-instruksi yang telah tersimpan di dalam memori. Dan masih banyak lagi ahli yang mencoba mendefinisikan secara berbeda tentang komputer. Namun, pada intinya dapat disimpulkan bahwa komputer adalah suatu peralatan elektronik yang dapat menerima input, mengolah input, memberikan informasi, menggunakan suatu program yang tersimpan di memori komputer, dapat menyimpan program dan hasil pengolahan, serta bekerja secara otomatis.




Dari definisi tersebut terdapat tiga istilah penting, yaitu input (data), pengolahan data, dan informasi (output). Pengolahan data dengan menggunakan komputer dikenal dengan nama pengolahan data elektronik (PDE) atau elecronic data processing (EDP). Data adalah kumpulan kejadian yang diangkat dari suatu kenyataan (fakta), dapat berupa angka-angka, huruf, simbol-simbol khusus, atau gabungan dari ketiganya. Data masih belum dapat bercerita banyak sehingga perlu diolah lebih lanjut.




Pengolahan data merupakan suatu proses manipulasi dari data ke dalam bentuk yang lebih berguna dan lebih berati, yaitu berupa suatu informasi. Dengan demikian, informasi adalah hasil dari suatu kegiatan pengolahan data yang memberikan bentuk yang lebih bermakna dari suatu fakta. Oleh karena itu, pengolahan data elektronik adalah proses manipulasi dari data ke dalam bentuk yang lebih bermakna berupa suatu informasi dengan menggunakan suatu alat elektronik, yaitu komputer.




Selanjutnya, supaya komputer dapat digunakan untuk mengolah data, maka harus berbentuk suatu sistem yang disebut dengan sistem komputer. Secara umum, sistem terdiri dari elemen-elemen yang saling berhubungan membentuk satu kesatuan untuk melaksanakan suatu tujuan pokok dari sistem tersebut.




Tujuan pokok dari sistem komputer adalah mengolah data untuk menghasilkan informasi sehingga perlu didukung oleh elemen-elemen yang terdiri dari perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software), dan brainware. Perangkat keras adalah peralatan komputer itu sendiri, perangkat lunak adalah program yang berisi perintah-perintah untuk melakukan proses tertentu, dan brainware adalah manusia yang terlibat di dalam mengoperasikan serta mengatur sistem komputer.




Ketiga elemen sistem komputer tersebut harus saling berhubungan dan membentuk satu kesatuan. Perangkat keras tanpa perangkat lunak tidak akan berarti apa-apa, hanya berupa benda mati. Kedua perangkat keras dan lunak juga tidak dapat berfungsi jika tidak ada manusia yang mengoperasikannya.
Modul ini terdiri dari kegiatan Belajar yaitu :
Kegiatan Belajar 1 : Mengaktifkan dan mematikan komputer sesuai dengan prosedur
· Tugas Terstruktur
· Rangkuman
· Tes Formatif I
Kegiatan Belajar2: Menggunakan perangkat lunak beberapa program aplikasi
· Tugas Terstruktur
· Rangkuman
· Tes Formatif II
· Tugas Mandiri I

Sehingga setelah Anda mempelajari modul ini dengan baik , anda akan dapat :
1 Menghidupkan komputer sesuai dengan prosedur
2 Mematikan komputer sesuai dengan prosedur
3 Menjelaskan Pengertian dari Perangkat lunak
4 Menjelaskan Fungsi dan klasifikasi dari Perangkat lunak

MENGAKTIFKAN DAN MEMATIKAN KOMPUTER DENGAN BENAR
A. Prosedur menggunakan komputer yang benar
Dalam menggunakan komputer ada hal-hal yang perlu diperhatikan yaitu menghidupkan dan mematikan komputer. Hal tersebut bila kurang mendapat perhatian dapat berakibat fatal terutama terhadap perangkat lunak (software) dan Harddisk. Penggunaan perangkat pendukung seperti Uninterupted Power Supply (UPS) atau Stabilizer pada komputer akan menambah keamanan komputer. UPS berfungsi sebagai battery atau power cadangan bila terjadi padam listrik. Pada saat padam listrik maka UPS akan bekerja secara otomatis menggantikan Listrik. Stabilizer sebagai penyearah tegangan listrik menjadi lebih stabil sehingga komponen-komponen elektronika komputer menjadi lebih aman.
1. Menghidupkan komputer
· Persiapkan seluruh peralatan computer yang akan digunakan yaitu : monitor, CPU, Keyboard dan Mouse apakah kabel-kabelnya sudah terhubung dengan baik.
· Kosongkan disk drive, maksudnya Floppy disk tidak ada dalam diskdrive karena kemungkinan pada saat pertama kali booting computer membaca diskdrive sehingga computer tidak dapat berfungsi dengan baik.
· Tekan tombol Power dan tunggu prosess booting sampai selesai.
· Selanjutnya anda dapat menggunakan computer berdasarkan sistem operasi yang digunakan. (windows 95, 98, 2000, XP, VISTA, LINUX, DOS dll)

2. Mematikan komputer
· Pastikan semua program aplikasi sudah ditutup (close)
· Pada Task Bar klick Start
· Klick Shut Down
· Klick
· Shutdown
· Klick OK
· Untuk computer yang menggunakan ATX akan mati secara otomatis. jika bukan, tunggu sampai muncul pesan “It’s now safe to turn off your computer”. Kemudian tekan tombol power-nya.

Menghidupkan dan mematikan komputer dengan benar adalah hal yang sangat penting agar komputer kita dapat selalu berfungsi dengan baik. Mengabaikan prosedur menghidupkan dan mematikan computer dapat menyebabkan kerusakan pada perangkat keras tersebut terutama pada perangkat lunak dan backing storage (harddisk). Sistem operasi yang kita pakai diasumsikan adalah Windows XP, kemudian untuk melakukan menghidupkan dan mematikan computer adalah :
1. Menghidupkan komputer
· Persiapkan komputer apakah sudah tersambung seluruh kabel listrik, keyboard, mouse, monitor kalau perlu alat pengaman lainnya UPS dan Stabilizer.
· Periksa Floppy Drive apakah ada disketnya (Floppy Disk), Jika ada harap dikeluakan terlebih dahulu, karena kemungkinan computer pertama kali booting membaca floppy drive A. Bila Floppy Disk A, terjangkit virus maka sistem operasi dalam harddisk akan tertular pula, dan sistem operasi pada harddisk akan mengalamai trouble.
· Tekan Power Komputer (CPU) dan Power Monitor, kemudian tunggu proses booting berjalan sampai selesai.
· Setelah prosess booting selesai akan tampil desktop pada monitor berikut :


2. Mematikan Komputer
Untuk keamanan file dan Harddisk maka komputer perlu dimatikan dengan menggunakan prosedur yang benar dengan langkah sebagai berikut :
· Pastikan semua program aplikasi sudah tertutup
· Klick Start pada Task Bar
· Klick Turn Off (untuk Windows XP) / Shutdownuntuk versi sebelumnya.
· Klick Turn Off


· Untuk computer yang menggunakan ATX akan matisecara otomatis, jika tidak tunggu sampai munculpesan “It’s now safe to turn off your computer”
· Kemudian matikan komputer dengan menekantombol power.
Untuk melihat Soal Latihan Klik link dibawah ini...

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar